Dismiss this notice
Selamat datang di Forum Kuark, kamu perlu mendaftar terlebih dahulu untuk dapat menggunakan forum ini.
Klik disini untuk mendaftar.
Bila sudah pernah mendaftar, klik disini untuk masuk


Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Sel Telur dan Sperma
#1
Question 
Kalian tahu kan, kalau sel telur dan sel sperma bertemu di dalam tuba fallopi, dan sel telur dari perempuan dan sel sperma dari laki-laki. Pertanyaanku, gimana sih caranya sel telur dan sel sperma bertemu?  Huh
Reply
#2
(20-04-2018, 03:25 PM)atricantik Wrote: Kalian tahu kan, kalau sel telur dan sel sperma bertemu di dalam tuba fallopi, dan sel telur dari perempuan dan sel sperma dari laki-laki. Pertanyaanku, gimana sih caranya sel telur dan sel sperma bertemu?  Huh
Rabu, 09 Okt 2013 14:32 WIB
Serba-serbi Sperma
Begini Perjalanan Sperma Mulai dari Vagina Hingga Bertemu Sel Telur
[b]Radian Nyi Sukmasari - detikHealth[/b]

[Image: 143331_spermovumts.jpg?w=600&q=90]Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Jakarta - Saat penis melakukan penetrasi dan ejakulasi di dalam vagina, jutaan sperma tersembur. Selanjutnya sperma akan melakukan perjalanan panjang untuk melakukan pembuahan. Nah, bagaimana perjalanan sperma mulai dari vagina hingga bertemu sel telur?

"Sperma didistribusikan ke vagina lalu dia bergerak ke atas, ke mulut rahim dan masuk ke kandungan. Lalu saat si wanita sedang masa subur, sel telur yang dilepaskan dari indung telur ditangkap oleh saluran telur," tutur dr Johannes Soedjono, M.Kes., SpAnd, spesialis andrologi Unit Kesehatan Reproduksi/Andrologi RS AL Dr Ramelan, Surabaya, dalam perbincangan dengan detikHealth dan ditulis pada Rabu (9/10/2013).

Lalu sel telur ini akan bertemu sperma yang naik ke saluran telur. Setelah sperma mempenetrasi sel telur, terjadilah pembuahan. Sperma ada di kandungan dalam waktu tiga sampai empat hari, kemudian akan menempel di rahim. Selanjutnya proses perkembangan janin pun dimulai.

[/url][img=340x0]https://cdnstatic.detik.com/live/html5/t...0x1280.jpg[/img]

[url=https://newrevive.detik.com/delivery/ck.php?oaparams=2__bannerid=18660__zoneid=2355__cb=dcf8c76dd6__oadest=https%3A%2F%2Fwww.tropicanaslim.com%2Fkurangi-waktu-duduk-selamatkan-dari-diabetes-dan-komplikasinya%2F]
[img=0x0]https://newrevive.detik.com/delivery/lg....dcf8c76dd6[/img]
Sementara itu menurut dr Nugroho Setiawan, MS, SpAnd, spesialis andrologi RS Fatmawati, ovum atau sel telur bisa dibuahi sperma kalau dikerumuni minimal 200.000 ekor. Itu makanya jumlah sperma normalnya harus banyak. Menurut Badan Kesehatan Dunia, WHO, standar jumlah sperma aktif dalam kondisi normal adalah di atas 20 juta sperma per milliliter.

"Kenapa demikian (harus banyak)? karena telurnya ini tebal sekali, karena kepala sperma ini ada enzimnya yang bisa melemahkan dinding telur itu, lalu satu sperma bisa masuk. Sehingga satu sperma ini masuk ke dalam.


Sumber:detik.com
Reply




Users browsing this thread: 1 Guest(s)